4 Fakta Penting Kulit Albino, Disebabkan Faktor Genetik hingga Tidak Bisa Disembuhkan

epasang anak kembar bernama Nadira Nur Ainiyah dan Nadia Nur Azahra di Wonogiri, Jawa Tengah, kini tengah menjadi sorotan karena terlahir dengan kondisi albino.

Buah hati dari pasangan Nunung Kristanto dan Suratmi, tersebut juga sempat viral di media sosial setelah diajak untuk mengunjungi Waduk Tandon, Pare, Selogiri. Saat itu, banyak wisatawan yang meminta foto bersama keduanya karena terlihat seperti bule.

Untuk diketahui, albino merupakan kondisi genetik seseorang yang lahir tanpa pigmen (warna). Di mana, seseorang dengan albino akan ditandai dengan memiliki warna pucat pada tubuhnya. Seperti di bagian kulit, rambut, hingga mata.

Dihimpun oleh dari berbagai sumber, berikut 4 fakta penting kulit albino.

1. Disebabkan oleh faktor genetik

Dilansir dari Kids Health, kondisi kulit albino disebabkan oleh faktor genetik. Seseorang yang lahir dengan kondisi tersebut mewarisi gen albino dari kedua orang tua mereka. Namun, kemungkinan perbandingan seorang anak terlahir dengan albino adalah satu dari empat saja.

2. Menderita masalah mata

Seseorang yang terlahir dengan kondisi kulit albino akan memiliki sejumlah permasalahan pada indera penglihatan. Di antaranya seperti rabun dekat atau rabun jauh, sensitif terhadap cahaya atau fotofobia, hingga mengalami kondisi mata juling.

Dikabarkan oleh nhs.uk, kondisi tersebut terjadi karena jumlah melanin yang kurang sehingga retina mata tidak dapat berkembang dengan sempurna.

3. Tidak menular

Lantas, apakah kondisi kulit albino dapat menular ke orang lain? Jawabannya tentu saja tidak menular. Hal ini dikarenakan seseorang baru akan memiliki kondisi tersebut saat mewarisi gen albino dari orang tuanya.

4. Tidak bisa disembuhkan

Kondisi albino juga tidak bisa disembuhkan. Selain itu, albino juga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit sensitif dan masalah penglihatan, seseorang dengan albino dapat menggunakan pelindung. Seperti memakai tabir surya dan juga kacamata. Terutama saat berada di luar ruangan.

Itulah sederet fakta penting mengenai kulit albino

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *